Cara Merubah Email Akun Verifikasi PTK Dan Dapodik

TOPIK.mY.iD– Akun PTK dapodik wajib diverifikasi terlebih dahulu agar dapat singkron ke dapodik terbaru 2021. Dan saat ini email akun PTK manajemen dapodik sendiri tidak dapat diubah melalui aplikasi dapodik melainkan harus diubah melalui manajemen dapodikdasmen.

Bagi email akun dapodik dan akun PTK yang tidak aktif harus dirubah. Terlebih yang paling penting saat ini adalah email aktif yang digunakan pada operator harus terverifikasi agar dapat menggunakan aplikasi dapodik. Para operator yang email dapodiknya tidak bisa diubah, atau berganti status pengelola dapodik yang lama dengan yang terdahulu mereka harus melakukan perubahan email aktif dapodik.

Perubahan email aktif dapodik sendiripun harus ditujukan ke operator dinas yang dapat melakukan penggantiannya. Selain itu para operator juga harus memverifikasi akun dapodik terbarunya agar dapat digunakan atau difungsikan. Nah, kami topik.my.id akan memberikan ulasan singkat terkait verifikasi dapodik

Cara Merubah akun Verifikasi Email Dapodik.

SP Datadik

1. Bagi operator sekolah yang email dapodiknya masih aktif bisa langsung ke alamat berikut https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

2. Bagi operator sekolah yang emailnya tidak aktif bisa merubahnya atau membuat surat lampiran tentang perubahan email yang berisi nama operator, nomer handphone, alamat email dan passwordnya ke bagian operator dinas untuk merubahnya.

Cara Verifikasi Email Dapodik.

1. Silahkan ada login dengan alamat email dan password yang telah dirubah ke link berikut https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

Cara verifikasi Dapodik
2. Setelah email operator sekolah aktif silahkan anda masuk ke dasboardnya dengan melakukan pengisian email aktif dan password yang telah dibuat tadi
3. Masukkan kode verifikasi yang terdiri dari empat angka yang dikirimkan ke email operator sekolah yang masih aktif.
4. Selanjutnya aplikasi sudah terverifikasi dan anda siap untuk melakukan penginstalan dapodik yang terbaru.
5. Silahkan anda download aplikasi dapodik terbaru dan unduh prefile dengan email aktif yang sudah dirubah di operator dinas.
6. Lakukan penginstalan ulang dengan cara registrasi online dengan memasukkan usernamer yang berupa email, kode registrasi dapodik dan password yang telah anda buat.
7. Selamat, dapodik anda sudah terverifikasi.

Cara Merubah Email Verifikasi Akun PTK

 

1. Bagi guru-guru yang email akun PTKnya sudah tidak aktif lagi saat ini perubahan emailnya tidak dilakukan melalui manajemen dapodik sekolah yang ada di alamatlink https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/
2. Perubahan email masing-masing guru dapat diubah melalui manajemen dapodikdasmen.
3. Silahkan anda pilih menu akun pada manajemen dapodikdasmen selanjutnya pilih PTK karena dalam pemilihannya ada 3 opsi yaitu admin, PTK dan peserta didik.
4. Kemudian anda ganti email dan password pada kolom yang telah ditentukan

Cara verifikasi Akun PTK

Akun PTK blom terverifikasi

1. Bagi guru-guru yang emailnya tidak aktif silahkan untuk hubungi operator sekolah masing-masing untuk perubahan email dan passwordnya.
2. Selanjutnya silahkan anda melakukan verifikasi akun PTK pada link yang sudah ditentukan oleh dapodikdasmen seperti berikut https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/
3. Dan masukkan username dan password yang telah dibuat oleh anda yang telah dirubah oleh operator sekolah
4. Silahkan anda pilih menu biodata setelah dashboard link terbuka.
5. Tunggu ada tombol verifikasinya, karena saat ini masih maintenance dan belum ada tombol verifikasinya. Jadi kita tunggu tahap selanjutnya.
6. Jika sudah ada tombol verifikasi pada masing-masing akunnya silahkan anda verifikasi di email kode verifikasi masing-masing untuk dimasukkan.
7. Akun PTK anda sudah terverifikasi dan sudah masuk pada server dapodik sekolah.

Itulah beberapa cara yang dapat kami sampaikan sesuai dengan petunjuk yang telah kami terima untuk dapat melakukan perubahan email ataupun tahap verifikasi pada dapodik dan ptk sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.