Cara Penulisan Format Penilaian Kurikulum 2013 Terbaru

Topik.My.Id– mungkin bagi sebagian guru SD, SMP, SMA yang diwajibkan mengganti kurikulum atau mengimplementasikan kurikulum 2013 untuk kelas 1 SD, SMP, SMA bahwa dituntut untuk merubah gaya belajar, materi pembelajaran hingga pada tahap evaluasi ataupun penilaian. Karena dalam tahap ini seorang guru harus benar-benar memperhatikan keberhasilan dari kompetensi dasar yang telah diberikan atau dalam kata lain dari proses pembelajar yang berlangsung selama satu semester.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 yang diganti ke kurikulum 2013 ini dilaksanakan dengan sangat rinci, mulai dari materi ajar, proses mengajar hingga pada penilaian Kurikulum 2013 atau yang disebut dengan “KURTILAS”. Penilaian kurtilas sendiri harus memenuhi dalam beberapa aspek diantaranya adalah penilaian pada pengetahuan atau kognitif, penilaian ketrampilan atau psikomotorik, penilaian sosial dan penilaian spiritual seorang siswa.

Dalam hal ini penilaian Kurtilas ini berdasarkan atas nilai pada penilaian harian, penilaian tengah semester dan akhir semester yang tersusun dalam sebuah buku yang sudah tersistematis atau istilahnya sudah dalam buku raport mereka, Dalam hal evaluasi atau aspek penilaian seorang guru harus menilai berdasarkan nilai yang telah disampaikan tadi dan dengan bobot penilaian yang berbeda untuk masing-masing penilaian. Untuk itu saya akan merinci beberapa aspek penilaian seperti berikut ini:

A. Format Penilaian Harian

Dalam hal penilaian harian yang diutamakan adalah hasil nilai yang didapatkan melalui beberapa cara yaitu dengan test ujian harian berupa ujian tulis, maupun melalui pertanyaan langsung atau test lisan dan perbuatan atau aspek psikomotorik sebagai contoh anda Mengampu mata pelajaran PPKN dalam Kompetensi dasar ada beberapa SUB TEMA yang harus diajarkan kepada murid. Dalam hal ini pada Tema 1 SUB TEMA 1 dilakukan ujian secara lisan pada akhir sub tema, dan pada tema 1 sub TEMA 2 dilakukan penilaian yang berkaitan dengan perbuatan, sebagai contoh seorang murid diberikan tugas untuk berdisiplin ketika masuk kelas atau berkata jujur. Dan pada Tema 1 SUB TEMA 3 dilakukan penilaian tertulis yang mana bisa memberikan soal-soal ujian dengan menjawab soal tersebut. Dan akan diperoleh dengan cara penilaian sebagai berikut ini:

Sistem Penilaian Harian dengan Bobot: Nilai Test Tulis x 60% + 40% X (nilai test lisan + nilai Tugas). Maka akan dihasilkan nilai harian. Dan dalam hal ini bobot tertinggi ada pada ujian ulanga harian dalam bentuk soal dan sisanya adalah nilai test lisan dan nilai tugas.

B. Format Penilaian Tengah Semester

Penilaian di Tengah Smester ini dilakukan setelah seorang guru mengajarkan pada Tema Pertengah pada kompetensi dasar sehingga yang bersangkutan harus benar-benar mengetahuai kapan diadakannya ujian tengah semeseter per 3 bulanan.

C. Format Penilaian Akhir Semester

Seorang guru harus memberikan penilaian akhir semester atau akhir tahun yang telah diajarkan pada semester tersebut sehingga penilaiannya akan ditentukan oleh lembaga ataupun masing-masing sekolah. Tahap penilaian ini sesuai dengan pembobotan dan KKM yang telah ditentukan oleh sekolah

Untuk lebih jelasnya anda bisa mengunduh format yang teah diterbitakan oleh DIroktorat Sekolah Dasar DIrjen DIkdasmen Kemdibud sesuai dengan penilaian dalam kurikulum 2013. Bagi sekolah yang baru melaksanakan kurikulum 2013 kemungkinan format ini sangat dibutuhkan sehinggan menjadi refrensi bagi anda untuk kedepannya.

 

Contoh Format Download
Cover Daftar Nilai Kurikulum 2013 unduh
Contoh Daftar Nilai Kurtilas Semua Mapel unduh

Demikianlah sedikit informasi yang dapat dijadikan refrensi bagi anda yang sedang mencari format penilaian akhir semester bagi yang sekolahnya ganti menjadi kurukulum 2013. Silahkan share ke guru-guru lainnya supaya mereka dapat terbantukan dengan format penilaian diatas.

UNIT IKLAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.