Cara Cek Tagihan Listrik Bulanan Lewat Hp

Topik.My.ID – Dengan mudahnya teknologi kita tidak harus jauh jauh pergi ke kantor pos ataupun tempat pelayanan pembayaran meteran listrik bulanan, karena sudah dimudahkan dengan teknologi yang berkembang saat ini. Kemudahan tersebut teraplikasi dalam sebuah pembayaran melalui aplikasi di smartphone. Banyak perusahan fintech, toko online menawarkan pengecekean tagihan listrik sekaligus pembayarannya.

Cek Tagihan listrik yang dimudahkan tersebut sangat dibutuhkan oleh pelanggan listrik pascabayar. Berbeda dengan pelagan prabayar yang juga bisa menggunakan pemabayaran tokennya melalui fintech yang sudah ada saat ini.

Sebelum kita bahas cek tagihan listrik melalui smartphone, akan lebih afdholnya kita terlebih dahulu tahu tentang paketan pln yang digunakan oleh pelanggan karena ada dua jenis langganan listrik pln yang digunakan oleh user yaitu listrik prabayar dan listrik pascabayar.

Jenis Langganan Listrik Prabayar atau Pasca Bayar Pilih yang mana?

Listrik Prabayar

Saat ini listrik menjadi suatu yang sangat urgent bagi banyak rumah tangga, fasilitas prabayar ini merupakan layanan baru yang dirilis oleh perusahaan listrik negara (PLN) yang pemakaiannya telah diatur oleh budget yang sudah dimasukkan dalam meteran listrik. Hal ini diinisiasi idenya dari pembelian pulsa yang sering kita gunakan pada smartphone.

Listrik prabayar ini juga digunakan menggunakan penggunaan pulsa tentunya namun berbeda dengan pulsa sebagaimana pulsa pada simcard, pulsa listrik namanya. Pulsa listrik ini digunakan pada meteran anda untuk dimasukkan, apabila sudah digunakan dan sudah habis maka wajib dilakukan pengisian ulang pulsa listrik tersebut. Adapun kelebihan menggunakan pulsa listrik prabayar ini adalah sebagai berikut

Apa Kelebihan Pulsa Listrik Prabayar dibandingkan dengan Pascabayar.

1. Dengan menggunakan pulsa listrik maka budget pemakaian bulanannya bisa diatur sehingga tidak ada istilah telat bayar seperti halnya listrik pasca bayar.
2. Dengan menjadi pengguna listrik prabayar maka tidak akan ada namanya salah pencatatan meteran listrik oleh petugas.
3. Penggunaan meteran listrik dengan menggunakan pengisian pulsa listrik sangat cocok bagi seseorang yang berbisnis rumah kos
4. Penggunakan meteran dengan pulsa listrik sangat terjamin keamanannya dibanding yang lain

Kekurangan listrik prabayar

Kekurangan menggunakan pulsa listrik ini ketika anda menggunakan listrik dengan daya yang besar alias penggunaan banyak dan seringnya tiba-tiba listrik padam, dan anda harus selalu menyediakan voucher pulsa listrik dan materan listriknya lebih mudah rusak dibandingkan dengan pelanggan pasca bayar. Selain itu si pelanggan juga harus tau bagaiamana cara mengisi pulsa listrik ke meterannya dan ini tidak cocok bagi kaum manula yang gaptek teknologi.

Listrik Pascabayar

Listrik pascabayar adalah jenis kedua dari pengguna jasa pln, layanan ini sudah sejak pertama kali ada, dari meteran yang berbentuk bundar tanpa ada daya alias unlimited penggunaan yang sekarang banyak dicopot oleh petugas, daya besaran 450 watt dan 900 wat yang sistem tagihannya dikenakan per bulan. Sehingga pembayarannya bisa dilakukan secara online ataupun offline di kantor pos ataupun tempat pembayaran listrik lainnya.

Tentunya akan sangat mudah jika menggunakan listrik pascabayar apalagi orang tua yang tidak mengerti akan teknologi, mereka bisa membayar tagihan bulanan di loket pembayaran listrik desa ataupun di kantor pos secara manual. Bagi yang melek teknologi mereka hanya membuka smartphone dan membayarnya secara online.

Kelebihan Listrik Pascabayar

1. Listrik tidak akan terkena resiko mati mendadak karena pulsa listrik habis, karena akan selalu tersedia setiap bulannya.
2. Listrik ini tidak perlu anda harus beli pulsa listrik karena tidak butuh token untuk pengisian pulsa listrik

Kekurangan Listrik Pascabayar

Nah, untuk kekurangan menggunakan listrik pascabayar ini adalah seringnya konsumen telat membayar tagihan listrik sehingga berakibat pemutusan listrik ataupun denda. Apabila tidak hati -hati dalam penggunaannya maka akan overbudget karena petugas selalu datanng untuk cek meteran listriknya.

Cara Cek Tagihan Listrik Bulanan Lewat Hp

Nah, mungkin pengalaman saya ini tidak dapat diterapkan bagi teman-teman yang menggunakan token listrik sebagai pembayarannya dan hanya cocok bagi kawan-kawan yang saat ini menggunakan listrik pascabayar.

Karena tagihan listrik bulanan ini hanya diperuntukkan bagi teman-teman yang menjadi pelanggan listrik pascabayar akan sangat dimudahkan bagi anda yang memiliki hp atau smartphone.

Dan saya biasanya membayar listrik menggunakan smartphone, langsung ke fintech salah satu aplikasi bank yang saya gunakan adalah Aplikasi Bank BRI. Dan setiap bulannya tanggal satu akan ada tagihan listrik di aplikasi tersebut. tanpa harus save nomer id pelanggan lagi.

Pertama, silahkan anda catat id pelanggan yang tertera di meteran listrik rumah anda.

Kedua, Setelah anda catat kemudian anda bisa membuka beberapa aplikasi fintech ataupun marketplace biasanya ada diskon pembayarannya melalui link aja, akun dana ataupun lainnya. Karena saya pernah membayar listrik dengan ada diskon di link aja. Namun saya lebih seringnya menggunakan aplikasi bank langsung.

Ketiga Setelah anda buka aplikasi bank masing-masing silahkan untuk memilih menu pembayaran > Kemudian pilih Listrik PLN > Kemudian Masukkan ID Pelanggan listrik yang sudah anda catat tadi.

Keempat akan tampil pembayaran pada tagihan listrik PLN, silahkan anda masukkan password yang diminta untuk pembayarannya.

Setelah itu pembayaran yang ada ditagihan PLN sudah sukses dibayar untuk setiap bulannya melalui aplikasi fintenct bank langsung. Silahkan anda coba untuk cek tagihan listrik anda setiap bulannya melalui aplikasi fintech bank yang anda miliki saat awal bulan tiba terkhusus ketika sudah memasuki tanggal 1 pada awal bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.