Cara Daftar & Memilih Lokasi Ujian SKB CPNS

Topik.My.ID – Berproses menjadi seorang pegawai negeri sipil tidaklah mudah, mereka harus melewati berbagai tahapan mulai dari pengumpulan berkas-berkas administrasi mulai dari surat kesehatan hingga sampai berkelakuan baik. Setiap instansi membutuhkan administrasi yang berbeda-beda hingga beberapa seleksi ujian masuknya mulai dari SKD sampai dengan SKB. Nah, saat ini saya sudah beberapa kali lulus tes SKD namun masih saja tetap gugur di tes SKB. Rangkaiannyapun setalah lulus SKD tidak serta merta langsung dapat ujian melainkan sang pelamar harus melakukan pendaftaran ulang tes SKB CPNS.

Apakah dalam pendaftaran ulang membutuhkan biaya atau mengumpulkan dokument? Daftar ulang SKB CPNS kali ini tidak membutuhkan biaya ataupun pengumpulan dokument berkas melainkan para pelamar diwajibkan untuk melakukan pemilihan lokasi ujian.

Pemilihan lokasi ujian CPNS ini baru pertama kali diadakan yang sebelumnya penetapan lokasi ujian dilakukan oleh panitia seleksi daerah masing-masing. Namun, karena pandemi covid 19 penentuan lokasi ujian sesuai dengan alamat domisili atau keberadaan anda saat ini.

Pendaftaran CPNS kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang beberapa aturan harus diterapkan hingga sesuai dengan protokol kesehatan salah satunya adalah dilarangnya berkerumun untuk sebagian orang karena kalau kita tahu, ketika ada acara seperti ini pastinya pengantar yang mengantarkan ujian ini biasa masuk ke dalam lingkungan hingga menimbulkan kerumunan.

Dan tahun ini para pelamar yang dinyatakan lolos SKD juga harus menggunakan masker dan tidak diperbolehkan memarkirkan kendaraannya di lingkungan tempat seleksi uji CPNS. Selain itu barang-barang yang dibawa oleh pelamar sebelum masuk harus ditipkan terlebih dahulu. Dan pelamar harus datang sebelum ujian dimulai sekitar 60 menit.

Cara Memilih Lokasi Ujian SKB CPNS


Silahkan anda menuju portal resmi SSCN yang ada di sscn.bkn.go.id. Selanjutnya anda pilih login yang ada di menu bagian pojok kanan atas.

Setelah ada tampilan login silahkan anda masukkan NIK dan password yang telah anda simpan atau anda ingat.

Masuk di dashboard resume pelamar cpns yang terdiri dari Biodata anda selanjutnya anda dapat langsung scroll cursor ke bawah ke menu pemilihan lokasi ujian SKB CPNS.

Pada kolom pertama sang pelamar diwajibkan memilih keberadaan saat ini yang ada di dua pilihan yaitu berada dalam negeri mapun di luar negeri.

Bagi yang ada di dalam negeri silahkan anda pilih provinsi anda saat ini, dan kabupaten domisilinya. Setelah itu memilih provinsi lokasi ujian dan titik lokasi ujiannya.

Bagi yang ada di luar negeri silahkan anda pilih negara yang anda tinggali saat ini, kemudian nanti akan ada menu pilihan lokasi ujian dan titik lokasi ujiannya.

Bagi yang belum jelas silahkan anda melihat cara memilih lokasi uian SKB CPNS dengan menggunakan tutorial pendaftaran dibawah ini:

Semoga dengan tutorial diatas dapat membantu anda yang saat ini sedang ada membutuhkan tahapan seleksi tes cpns.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.