Cara Pindah Hosting Untuk Drupal

Topik.My.ID – Pindah Hosting di Drupal berbeda dengan cara pindah hosting wordpres karena saat kita mau setting configurasi maka settingannya tidak berubah aias akan mengalami eror, proses backupnyapun sama seperti yang dilakukan saat proses backup biasa namun kekurangannya kita harus mengganti file permisionnya.

Drupal Eror Create The File EGID 2308 2308 Because of teh following eror Permision denied

eror drupal

Jika anda memindahkan seperti blog wordpress pada umumnya maka anda harus mengulanginya pada proses backup file manager, karena memang kita akan ada pada masalah eror create. Nah, bagaimana cara proses backup dari hosting lama yang benar dan tidak eror. Yuk, kita baca ulasan singkat selanjutnya.

Proses Backup Drupal Dari Hosting Lama

A. Backup Database

Nampaknya untuk proses backup databasenya ini tidak perlu dirubah semua seperti cara kita membackup wordpress anda, kita tinggal melihat file apa yang anda buat untuk user dan nama database.

Silahkan anda masuk ke cpanel anda masing-masing kemudian anda backup seperti biasa, bisa melihat artikel saya terkait cara pindah hosting.

Kemudian anda eksport file nama database seteah itu simpan hasil download databasenya untuk digunakan di hostingan baru anda.

B. Backup File Manager.

Untuk backup file manager ini berbeda dengan cara pindah hosting wordpress karena jika anda menggunakan cara yang sama, maka hasilnya akan eror seperti gambar diatas. Untuk pindah drupal yang pertama

1. Silahkan buka cpanel dan cari menu file manager kemudian cari public_html yang sesuai dengan nama domain yang akan anda pindah.

2. Kemudian anda pilih permisiionnya terlebih dahulu ke 0755 terutama bagian permisson sites > default > setting. Pada file setting anda ubah ke permission 0755.

seting 0755

3. Setelah itu compress dalam file zip kemudian hasilnya anda download dan simpan.

4. Setelah itu anda ekstrak di komputer jangan lupa file tadi yang sudah dirubah ke permission 0755 anda rubah filenya menjadi read only. Seperti gambar berikut:

5. Setelah berhasil anda bisa langsung compress semuanya dan nanti bisa anda ekstrak jangan lupa domain yang kamu pilih untuk dipindah juga diganti file permissionnya ke 0755.

Dari hasil download diatas, yaitu file backup database dalam bentuk sql ataupun backup file manager dalam bentuk zip bisa nantinya digunakan di hosting baru. Sebelum anda memindahkan hosting silahkan anda menggunakan FTP atau bisa menggunakan cara pindah hosting biasa ke cpanel dan jangan lupa untuk memindahkan settingan server hostingnya ditempat anda membeli domain.

Setting Name Server Domain

Nah, untuk menyetting name server anda harus mengetahui namana dahulu, dan biasanya nama nama server mereka bisa menggunakan Nama NS ataupun juga DNS. Tergantung dari penamaan mereka. Anda bisa login ke tempat anda membeli domain di client Area pilih layanan domain, kemudian anda pilih domainnya dan klik name server. Setelah itu anda piih name server custom dan kemudian anda lanjut ke proses hosting baru.

Pindah Drupal Ke Hosting Baru

A. Upload Backup File Manager Domain

1. Silahkan anda buka cpanel baru di hosting anda yang baru anda beli,
2. Dan anda cari tulisan add on domain atau tambahkan domain yang akan anda pindah
3. Setelah anda tambahkan maka otomatis nama domain tersebut sudah terpasang di file manager dan silahkan anda upload Backupan tadi
4. Setelah diupload silahkan anda ekstrak di nama domain tadi. Ekstrakkan anda pindah sesuai dengan yang di add onskan atau di tambahkan.

B. Upload backup Database ke hosting baru

Silahkan anda masuk ke Cpanel hosting baru dan lanjutkan mencari nama mysql database. Buatlah nama database dan user database seengkapnya bisa lihat di cara pindah hosting.

Setelah anda buat user dan nama database silahakan anda ke home cari php my admin untuk upload backup databse kita tadi. Silahkan anda import fie sql nama domain anda.

Setelah itu anda ke file manager domain anda dan pilih settingan konfigurasinya yang ada di file site > default > setting cari konfirgurasi sesuai nama database dan user database contohnya sepeti gambar berikut:

ganti config

Setelahnya tinggal menunggu resolved dns selama 1×24 jam atau sehari maka website anda sudah pindah ke hosting lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

close