Cara Memasang Kode Adsense di WordPress

Topik.My.ID – Seperti pengalaman saya yang sudah-sudah bahwasanya, cara memasang kode adsense di wordpress sendiri dapat menggunakan 3 cara, pertama menggunakan cara manual,  kedua dengan peletakaan yang sudah ada di theme, ketiga dengan cara plugin wordpress. Nah, kami akan mengulasnya satu persatu seperti dibawah ini

Cara Memasang Kode Adsense di WordPress

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui untuk memasang kode adsense yang paling penting adalah anda sudah memiliki kode adsense, bayangkan jika anda akun adsense sendiri belum punya maka anda harus membuatnya. Nah, kami juga akan sampaikan bagaimana cara membuat akun adsense youtube.

Kode Iklan Adsense Dipasang Dengan  Cara Manual

cara pasang kode adsense manual

 

Menggunakan cara manual ini memiliki kelebihan tersendiri salah satunya adalah website yang kita gunakan tidak terlalu banyak terbebani dengan adanya plugin baru, bayangkan jika kita setiap kali membuatuhkan sesuatunya harus menggunakan plugin. Sehingga akan terlalu membebani server yang kita gunakan. Nah, anda bisa perhatikan step by step  untuk pemasangan cara manual ini.

Langkah pertama yaitu pemasangan kode iklan adsense dengan menggunakan cara manual dengan membuka editor. Dimana letak editor itu, anda bisa ihat seperti gambar diatas bahwasanya untuk editor sendiri berada di dashboard > tampilan (appereance) > editor > single.php

Langkah kedua yaitu (single.php) Setelah terbuka editor seperti diatas silahkan cari single.php maksudnya iklan yang akan kita pasang nantinya akan kita letakkan di dalam post atau postingan artikel yang kita miliki nantinya.

Langkah Ketiga yaitu cari php the_title untuk menempatkan iklan kita diatas judul,  anda bisa tempatkan diatas source kode tersebut. Dan apabila anda menginginkan penempatak kode dibawahnya silahkan anda tempatkan kode iklan adsense dibawah sorce kode tersebut.

Kode Iklan Adsense Dipasang Sesuai  Theme Option

Theme Options Pasang Kode Adsense

Ada beberapa theme yang sudah menyediakan theme option. Di theme wordpress Nyeo Theme yang kami gunakan ini juga sudah menyediakan theme option untuk menempatkan kode adsensenya sehingga kita hanya menempelkan kode iklan saja. Nah, silahkan anda lihat panduannya seperti gambar diatas.

Langkah pertama silahkan anda cari them option. Letak theme option ini semuanya berada di Appereance (tampilan)

Langkah Kedua silahkan anda cari  menu ads setting, dimasing-masing theme option menyediakan them option yang berbeda. Anda tinggal mencari settingan untuk ikalnnya.

Langkah ketiga, adalah menempatkan kode iklan sesuai dengan yang telah disediakan oleh theme option sendiri.

Kode Iklan Adsense Dipasang Menggunakan Plugin WordPress

 

Jika theme wordpress yang anda gunakan tersebut tidak menggunakan theme option atau anda tidak mengetahui cara manual pemasangannya, anda bisa dengan mudah menggunakan plugin wordpress. Nah, salah satu rekomendasi plugin wordpressnya adalah Ad Inserter. Anda bisa mencarinya langsung di menu plugin seperti gambar diatas.

Langkah pertama, anda bisa langsung ke menu add new  plugin atau tambah plugin baru yang berada pada menu Plugin > Add New

add new plugin

Langkah kedua, search plugin di kolom serch dengan keyword Ad Inserter Kemudian anda langsung menemukan gambar seperti dibawah ini:

Ad Inserter

langkah ketiga adaah dengan install now, setelah anda install dan terpasang silahkan anda kemenu pugin dan mencari ad inserter tersebut. Silahkan anda setting seperti gambar berikut

setting

 

Langkah keempat, setelah anda tekan tombol setting anda langsung diarahkan ke gambar  berikut:

cara memasang kode iklan adsense

  1. Anda diwajibkan membuat beberapa block tidak mungkin anda hanya memasang satu saja, ini ada kolom 1 sampai dengan 16. Anda bisa pasang iklan sampai dengan 16.
  2. Setelah itu tempatkan kode iklan adsensenya seperti gambar nomer 2
  3. Jangan lupa pada gambar nomer 3 ini anda tempatkan di beberapa piihan, dan saya seringnya menggunakan pilihan post artikel saja.
  4.  Pada kolom nomer 4 ini anda bisa tempatkan iklan yang ada di post dimana saja baik itu sebelum gambar dan sesudahnya, setelah judul (title) dan sebelumnya, Setelah paragrap dan sebelum paragraph dengan memberikan penempatan pada tata letak paragrap ke berapa, setelah konten atau sebelumnya, nah anda bisa tempatkan di nomer 4.
  5.  Nomer 5 andalah anda save atau simpan ya setelah anda membuat beberapa kolom iklan.

 

Cara Menempel Kode Adsense Ke HTML

Nah, bagaimana cara menempel kode adsense ke HTML, nanti akan kita bahas lain waktu ya diartikel yang berbeda. Kami hanya memberikan sebuah gambaran bahwasanya untuk memasang kode adsense ke HTML ini biasanya menggunakan blog yang telah disediakan oleh Blogger. Dan sebelum anda tempelkan anda diwajibkan merubah kode adsense dengan menggunakan Parse HTML.

BIasanya banyak website yang sudah menyediakan parse html seperti htmlparse.com ataupun blogcrowds.com. seperti gambar berikut:

cara menempel kode adsense ke HTMl

Nah, mungkin anda yang pasang di blog dengan menggunakan blogger tentuny akan bermasalah jika menggunakan kode adsense yang tidak di parse html, Mengapa? karena htmlnya tidak akan mengetahui javascript atau script kode adsense yang kita tempelkan di blogger. Nah, untuk pemasangannya akan kita lakukan ditahap selanjutnya pada pemasangan iklan di blogger.

Semoga dengan sedikit informasi ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari cara Memasang Kode Adsense di WordPress. Jika artikel ini bermanfaat silahkan anda share, subscribe, like, koment ya…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

close