8 Strategi Menggunakan Tiktok Marketing Bisnis

Taukah kalian jika tiktok memiliki milyaran pengguna yang aktif di seluruh dunia. Mereka memiliki konten yang bagus dari para penggunanya melalui video unggahan dalam waktu beberapa menit saja, selain itu tiktok juga membuat layanan video online.

Jika anda pemiliki bisnis sebuah brand, anda bisa memanfaatkan channel Tiktok untuk menjangkau para usernya di seluruh Dunia, karena memang masih sangat sedikit bisnis strategi yang menggunakan tiktok ini. Namun, apabila anda sebagai salah satu pengusaha yang baru saja mengetahui aplikasi tiktok ini, alangkah baiknya anda belajar menggunakannya untuk memasarkan produk yang anda miliki.

Kami akan sedikit memberikan tips mengapa saat ini anda harus menggunakan aplikasi Tiktok sebagai salah satu channel yang digunakan untuk memasarkan bisnis anda kedepannya.

Kenapa Harus Menggunakan Tiktok Marketing?

Tiktok

Mungkin bagi sebagian orang banyak yang menghindari tiktok, karena menanyangkan video joged yang tidak layak ditonton oleh anak-anak. Namun, inilah kesempatan bagi para pemilik brand bisnis untuk merambah ke channel Tiktok karena bagaiamanapun juga tiktok sebagai salah satu platform yang pengguna paling banyaknya dari kaum milenial sehingga sangat optimal sekali jika digunakan sebagai alat pemasaran yang cocok untuk target kaum muda.

Persaingan bisnis yang tidak begitu mencolok karena para muda-mudi saat ini masih menggandrungi tarian dan video joget, apalagi anda sebagai pemilik bisnis yang memiliki keinginan menawarkan produknya kepada kaum muda-mudi bisa menyewa selebgram untuk menjangkau lebih banyak orang dengan biaya yang relatif murah dengan peluang yang sangat besar.

Bagaimana Menggunakan Tiktok Untuk Marketing?

Tiktok Marketing Bisnis

Sebelum kami berbicara tentang bagaimana menggunakan tiktok ini, mari kita sedikit membahas tentang cara kerja platform ini. Platform yang menayangkan banyak video ini sangat digandrungi oleh kaum milenial, video dengan durasi hanya 15 detik dan paling banter hanya 1 menit ini bisa digunakan untuk berinteraksi atau memasarkan produk anda. para pengguna biasanya menggulirkan tangan mereka ke video selanjutnya untuk melihat satu persatu video.

Para pengguna yang ingin mengunggah video, telah difasilitasi video editing yang telah dilengkapi dengan latar musik ke dalam video mereka sehingga tidak susah untuk mencari musik. Mereka juga dapat mengikuti tarian dengan model yang sama dengan orang lain dan mengikuti goyangan lagu tertentu.

Tiktok ini juga memiliki interasik yang bagus karena seorang pengguna dapat berinteraksi dengan menyukai, mengomentari, membagikan video yang mereka sukai baik dibagikan melalui whatsapp, instagram dan mengunduhnya untuk konsumsi pribadi.

Sungguh disayangkan jika anda tidak menggunakan tiktok untuk marketing bisnis anda, karena angka keterlibatan atau interkasi antara penggunanya sangat tinggi mengalhkan semua platform yang ada di dunia. Tiktok juga sangat bagus dalam mengemas videonya sehingga seseorang biasa menghabiskan video tiktok rata-rata hingga 45 menit dalam sehari.

Selain itu tiktok dapat bekerja layaknya sosial media lainnya seorang yang memiliki tiktok bisa memfollow atau mengikuti pengguna lainnya dan dapat mengatur notifikasi atau pemberitahuan setiap mereka membuat video terbarunya.

Namun, yang paling sulit adalah membuat konten yang sejenis sesuai dengan dengan pengguna lainnya. Pengguna tiktok memiliki gaya video tiktok tersendiri yang berbeda dengan platform youtube, facebook maupun instagram.

Anda akan dapat menguasai karakteristik dari platfrom tiktok ini selama satu ataupun 2 minggu melihat beberapa video yang disajikan sehingga anda bisa membuat saluran pemasaran bisnis anda menggunakan platfrom tiktok ini.

Buatlah Video Tiktok Untuk Pemasaran

Membuat Video Tiktok

Anda bisa langsung membuat video di aplikasi tiktok dengan mengklik tanda “tambah” yang berada di paling bawah bagian tengah.

Setelah itu anda akan melihat layar pada smartphone anda merekam video dalam bentuk video pendek atau penggabungan video yang memungkinkan maksimal sampai 1 menit.

Anda bisa mengutak atik bagian sudut kanan atas untuk fitur-fitur tertentu untuk eksperiment editing video anda agar lebih menarik dan uni untuk ditonton. Anda juga bisa memberikan fitur efek animasi yang keren ke video anda dengan efek-efek virtual yang seoalh-olah dapat berinteraksi dengan anda.

Setealh anda merekam diri anda selanjutnya anda dapat mengakses video yang telah anda buat atau produksi dan kemudian anda bisa memberikan efek suara atau filter pada video rekaman anda tersebut.

Cara Membuat Konten Tiktok Yang Menarik

Jika anda membuat konten tiktok yang menarik, para penggunakan lebih cenderung menonton video yang anda buat. Tiktok memiliki algoritma feed atau efek viral bagi yang memiliki view hingga jutaan sehingga konten anda akan tampil lebih di banyak orang.

Mungkin cara mudah untuk membuat konten viral adalah konten memiliki banyak view, banyak like dan komentar. Membuat konetn bisnis menarik harus memperhatikan hal tersebut bagaimana anda mengadopsi sebuah konten yang sama dengan menggunakan sebuah ide postingan yang sama dengan anda membuat sebuah konten blog dan ide-ide cermelang lainnya.

Sebelum anda membuat konten, yang harus anda pikirkan pertama, adalah rumusan masalah, Beberapa masalah yang terjadi sehingga menjadi topik yang menarik sesuai dengan target anda.

Apabila anda tidak tahu saatnya anda untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi saat ini, seperti Indonesia akan menghadapi gelombang tsunami 20 meter. Selain itu anda juga bisa menanykan kepada audiesn terkait dengan minat mereka atau mengatasi masalah mereka atau solusi yang anda tawarkan kepada mereka sehingga anda dapat membuat konten untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi saat ini.

Selain itu anda bisa memanfaatkan kata kunci yang populer terjadi saat ini dengan memanfaatkan fitur sugesti otomatis yang telah dimiliki oleh google penelusuran untuk mengembangkan sebuah ide yang bagus.

Misalkan, jika para pengguna tiktok ini sedang ingin belajar terkait dengan pemasaran atau bisnis yang dapat merubah anda menjadi kaya melalui marketplace. Anda bisa sajikan konten-konten terkait dengan marketplace shopee, iklan shopee atau lainnya. Apalagi jika anda menawarkan sebuah konten eksport barang ke laur negeri anda bisa membuat konten yang berkaitan barang apa saja yang dapat dieksport keluar negeri entah itu barang mentah atau barang jadi, selanjutnya anda bisa membuat konetn lain seperti transportasi pelabuhan yang digunakan atau bisa juge mencari ide kata kunci dari alat seo seperti ubbersuggest. Anda akan mendapatkan banyak ide dari alat seo tersebut untuk membuat konten yang menarik sesuai dengan minat anda.

Jangan Lupa Gunakan Hastagh

Hastagh ini pertama kali diperkenalkan oleh instagram yang saat ini engine atau mesin SEO ini digunakan untuk facebook hingga youtube. Apabila seorang pengguna lain ingin menemukan konten anda usahakan anda membirkan hastagh yang sesuai dengan minat anda saat ini.

Nah, apakah mungkin tiktok ini ada optimasi enginenya seperti Tiktok SEO, kemungkinan ada untuk mengoptimlakan konten anda saat ini sehingga banyak orang yang melihat dan menemukan konten anda saat ini dengan mengotimasi mesin penelusuran yang ada di Aplikasi Tiktok.

Mungkin yang perlu anda lakukan adalah dengan menggunakan sebuah hastag yang relevan terkait dengan video yang telah anda buat saat ini. Jika anda tidak tahu hastag apa yang harus anda tulis ketikan sesuatu yang relevan atau sama dengan video yang telah anda buat di mesin penelusuran sehingga tiktok akan menyarankan tagar yang relevan juga.

Apabila anda menginginkan video anda dalam jangkauan yang luas, anda harus menggunakan hastag yang relatif untuk sebagai contoh anda ingin menargetkan bisnis. Anda bisa menargetkan dengan hastag #smallbusinesstips

Untuk membuat hashtag pada konten anda ini, aplikasi tiktok tidak membatasinya , namunteksnya dibatasi hingga 100 karakter dan hastag maupun tag akan tampil pada teks video yang paling bawah. Anda bisa memberikan hastagh sebanyak dua atau tiga dan lainnya anda bisa memberikan ruang untuk menulis deskripsi videonya.

Cari Mitra Pembuat Video lainnya

Anda bisa mencari mitra untuk membangun pengikut anda, karena mungkin untuk mendapatkan pengikut sangat susah sehingga anda bisa mengajak mitra anda untuk berkolaborasi dengan membuat konten yang relevan sesuai dengan platform yanganda buat.

Sebelumnya anda harus mencari konten yang relevan, kemudian anda bisa menginbox dan menawarkan sesuatu untuk bertemu dengan orang tersebut dengan melakukan kolaborasi dalam pembuatan video sehingga pengikut anda dapat bertambah.

Periklanan Tiktok

tiktok ads

Anda bisa membangun bisnis anda di aplikasi tiktok dengan menggunakan periklanan di tiktok untuk memasarkan produk anda, sehingga anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membangun audiens.

Anda wajib menyiapkan kampanye iklannya untuk menjangkau semua auiden yang sesuai dengan target anda dalam waktu 24 jam atau seharian.

Tiktok menawarkan periklanan dalam lima jenis produknya yang sering digunakan dalam periklanan, iklan yang ada dalam feed konten, iklan yang ditaruh di tampilan atas, Penaruhan iklan di hashtag, penaruhan pada sebuah merek brand.

Banyak yang menggunakan perikalan tiktok di iklan infeed atau iklan dalam konten karena memiliki hasil yang terbaik. Selain itu jenis periklanan lainnya biasanya disediakan untuk perusahaan yang memiliki anggaran yang besar.

Sebelum anda mengatur iklan tiktok silahkan anda membuat akun iklan terlebih dahulu dengan mengklik buat iklan sampai dengan selesai proses pendaftaran. Dan akun anda tidak serta merta aktif karena pihak tiktok sendiri akan meninjau pembuatan akun iklan anda apakah nanti disetujui atau ditolak anda bisa tunggu konfirmasi email yang anda gunakan.

Iklan yang anda buat harus mematuhi peraturan yang telah ditetapka oleh tiktok, tidak diperbolehkan menggunakan video gabungan enam puluh detik, anda disuguhkan untuk menggunakan konten normal sehingga video yang anda buat direkomendasikan untuk waktu yang sedikit yaitu antara sembilan atau 15 detik saja.

Dalam pembuatan konten video iklan tiktok anda hanya bisa menarhetkan iklan tikotk dalam dua opsi yaitu opsi penargetan sesuai dengan ketertarikan minat atau tingkah laku

Interesting atau ketertarikan minat ini sesuai dengan yang ada di facebook perilanan yang itu menggunakan pemilihan penargetan yang sesuai dengan minat yang relevan sesuai dengan target anda.

Behavior, tingkah laku ataui prilaku seseorang yang mungkin ditargetkan kepada seseorang yang melakukan aktivitas pengetikkan dalam tujuh hingga lima belas hari terakhir mereka browsing di internet. Anda bisa menggunakan metode perilaku ini untuk menentukan kategori yang sesuai dengan orang yang relatif aktif terlibat di platfrom tiktok.

Sama halnya seperti facebook periklanan karena tiktok juga menawarkan penargetan audiens khusus atau custom audiens atau lookalike audience

Custom audien ini dapat menargetkan orang-orang yang telah berinteraksi dengan mereka anda baik interaksi di platform tiktok maupun diluar tiktok.

Anda bisa memilih iklan penargetan yang cocok dengan anda.

Menggunakan Influencer Tiktok

Data Influencer Tiktok

Hampir seluruh produk yang ada, para pebisnis telah menggunakan pemasaran dengan memanfaatkan pengguna tiktok atau dengan kata lain menggunakan pemasaran dari para influencer yang memiliki follower jutaan untuk menghasilkan penjualan atau hanya brandawarness, kesadaran merek.

Namun, untuk menyaring benar-benar influencer tidaklah mudah, apakah influencer tersebut akan memberikan hasil terbaik ataukah tidak, maka dari itu Tiktok telah mengembangkan sebuahh marketplace yang disebut dengan Tiktok Creator Marketplace yang berfungsin untuk melihat matrik seorang influncer tertentu, jik anda bergabung di marketplace tersebut.

Dengan bantuan data dan statistik yang ada di marketplace tersebut maka akan lebih mudah menetukan apakah influencer tersebut cocok dengan produk yang anda miliki sehingga hasilnya akan memuasakan dan anda dapat memulai kampanye iklan dengan pemasaran influencer.

Cara Mendapatkan Data Analisis Pemasaran Tiktok

Cara Mendapatkan Data Analisis Pemasaran Tiktok

Untuk mendapatkan data analis anda bisa meningkatkan akun anda menjadi akun pro, karena bagaimanapun analisis data dalam setiap platform apapun berguna sekali untuk pemasaran digital anda.

Anda harus mengaktifkan akun pro dari yang gratis ditingkatkan menjadi pro dengan cara mengaturnya dibagian privasi dan setting > selanjutnya anda klik Kelola akun saya > kemudian anda melihat enabel atau pilihan mengaktifkan upgrade ke tiktok pro.

Setelah anda upgrade akunnya ke pro silahkan anda pilih option> klik kategoru dan anda bisa akses dashboard analitiknya.

Yang menariknya dari data analitik ini adalah memungkinakn seorang yang memiliki akun tiktok pro untuk mengakses followers analitic atau data analitik pengikut yang memberikan informasi terkait dengan audiens kapan mereka menontonya, dan mereka paling aktif dijam berapa sehingga sebagai pembuat konetn tiktok anda dapat mengetahui kapan waktu yang paling tepat untuk memposting sebuah video tiktok terbaru. Anda juga dapat menggunakan informasi ini untuk menyiapkan penargetan iklan yang lebih baik.

Mengikuti Tren Tiktok Dan Menentukan Waktu Posting

Untuk mendapatkan konten dan waktu terbaik adalah dengan menggunakan hastag tertentu yang sedang trend saat itu. Jik anda membuat video yang berdasarkan hastag yang sedang trend kemungkinan besar video tiktok yang anda buat akan mendapat jangkaun yang lebih besar dari penonton.

Untuk mencari hashtag apa yang sedang tren anda bisa membukan di dalam bagian pencarian di tiktok untuk menemukan halaman penemuan.

Selain itu anda harus perhatikan waktu terbaik dalam posting video di Tiktok, Melihat orang yang beraktifitas menggunakan tiktok waktu terbaik untuk melakukan pstingan ke tiktok mulai dari jam 10 pagi sampai dengan jam 6 sore.

Anda harus mencoba selama seminggu dengan waktu yang berbeda-beda setiap harinya mulai dari jam 10 hari pertama dan selanjutnya jam 11 dan anda harus mempostingnya dengan jam berbeda dan lihat statistiknya dan anda akan menemukan jam terbaik kapan seseorang akan berinteraksi kepada video anda sesuai dengan jam tersebut.

Kesimpulan

Dalam postingan yang kami tulis ini anda bisa menggunakan platform tiktok untuk digunakan untuk pemasarannya, jika anda belum menggunakannya silahkan anda pelajari. Dan platform ini memang tidak seperti media sosial lainnya, karena anda perlu mempelajarinya dan tahu bagaimana cara kerjanya.

Jika anda sudah mendapatkan followers dan pengikut yang banyak kemungkinan produk anda akan menjangkau banyak orang dengan biaya yangrelatif lebih rendah dari platfrom media sosial lainnya yang memungkinkan anda untuk melampaui pesaing anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.