Aplikasi Software Pendingin PC, Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Topik.My.Id– Laptop yang anda gunakan sering kali mengalami masalah overheat atau kepanasan. Biasanya laptop yang mengalami dampak panas ini karena masalah komponen hardware yang bekerja terlalu berat membuat laptop semakin panas.

Masalah Overheat memang sering dirasakan oleh pengguna komputer atau laptop. Sehingga jika terus-terusan dibiarkan akan membuat laptop anda henk atau layarnya biasa kedap kedip. Salah satu yang membuat laptop cepat panas adalah saat anda membuka software dengan spesifikasi yang tinggi contohnya adalah sebagai berikut

Laptop Panas Saat Main Game

Adakalanya game yang kita mainkan ini menggunakan spesifikasi yang tinggi dengan kapasitas besar sehingga sering kali kurang kompetible dengan spesifikasi laptop yang kita miliki. Pengaruhnya pada hardware laptop semakin lama semakin panas.

Selain itu juga, game yang anda gunakan akan lemot karena memang tidak sesuai dengan game dengan kapasitas yang besar. Selain bermain game adakalanya yang membuat panas lainnya adalah

Laptop Panas Saat Editing Video

Laptop akan bekerja secara maksimal dan memberatkan jika laptop yang kita gunakan ini tidak sesuai dengan spesifikasi pada editing video terlebig kita sudah mengganti RAM yang lebih tinggi, namun adakalahnya Gravis card yang kita miliki hanya standar saja, walaupun sudah terbuka proses editingnya namun laptop jika digunakan untuk rendering dan proses editing dapat membuat laptop akan cepat panas.

Nah, bagaimana caranya agar laptop tidak panas saat kita sedang melakukan aktivitas seperti bermain game atau saat kita sedang melakukan proses editing video. Berikut ulasannya

Cara Agar Laptop Tidak Panas

Laptop yang sering mengalami kepanasan memang membuat laptop mudah rusak, apalagi jika anda menggunakan laptop diatas kasur dengan waktu yang lama pastilah laptop yang anda gunakan akan cepat mati dan merusak seluruh komponen. Dan berikut bagaimana agar laptop yang anda gunakan tidak mudah rusak.

1. Tidak Berlebih Menggunakan Laptop

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan dalam menjaga laptop agar tidak mudah rusak adalah dengan mengatur jadwal pemakainnya karena jika laptop anda gunakan terus menerus tanpa istirahat sekalipun maka laptop akan cepat rusak, usahakan anda memakai laptop jangan sampai berlebih apalagi jik anda gunakan untuk bermain game atau video editing yang memang membutuhkan resource dan kapasitas yang besar. Usahakan anda istirahatkan laptop anda dalam keadaan shutdown ataupun sleep sehingga laptop yang anda miliki ini tidak terlalu bekerja keras.

Dan adapula yang memang laptop terkini dan terbaru tidak akan cepat panas dan bekerja secara maksimal hingga 48 jam, dan akhirnya laptop tersebut menjadi panas, dan jika memang sudah panas adakalanya anda bisa memasng software monitor suhu laptop, apabila laptop sudah dalam keadaan paas maka software tersebut akan memberikan pesan ke anda jika laptop perlu istirahat.

2. Gunakan Kipas Cooling Pad Eksternal Atau Alas Keras dibawah Laptop

Kebiasaan buruk sering dilakukan oleh pengguna laptop tanpa menggunakan alas apapun, meeka sering menggunakan lapto diatas paha atau pangkuan tanpa alas, dan hal itu dapat menyababkan dampak buruk terhadap kulit anda, apalagi dalam waktu yang lama.

Selain itu jangan gunakan alas yang lunak yang menyebabkan udara dari dalam komponen laptop ini tidak keluar secara maksimal sehingga udara yang hendak keluar jadi tertahan. Hal itu akan menyebabkan laptop akan cepat overheat alias mudah rusak karena udara panas yang dihasilkan akan mengendap.

Gunakan kipas laptop atau meja laptop atau alas yang memang tidak lunak karena akan berdampak buruk pada saluran udara pembuangan panas yang ada di laptop. Karena ada beberapa kasus laptop yang mati motherboarnya karena panasnya komponen laptop.

Umumnya kipas laptop atau cooling pad ini sangat mudah ditemukan dipasaran atau toko-toko yang menjual berbagai aksesoris laptop yang langsung disambungkan pada salah satu port USB. Meskipun dalam kenyataannya setiap laptop sudah memiliki coolingpad internal yang memiliki ukuran yang sangat kecil akan tetapi dinginnya tidak menyeluruh ke komponen-komponen yang ada.

3. Mengefesiensi Penggunaan Perangkat Lunak

Jika anda membuka berbagai perangkat lunak pasinga perangkat yang akan anda gunakan akan cepat panas bayangkan saja, laptop yang anda gunakan masih ersambung dengan Wifi atau jaringan internet dan anda membuka google chrome atau browser lainnya. Di browser tersebut anda tidak cukup menjalankan satu aktivitas seperti membuka google, youtube, facebook instagram dan membuka banyak tab lainnya yang juga laptop anda sedang dipakagi untuk mendengarkan musik dari youtube melalui speaker ataupun headset sehingga penggunaan resorcepun akan lebih tinggi seperti anda bermain game ataupun proses editing video.

Jika anda mengefisiensi penggunaan software atau perangkat lunak dengan baik dengan membuka apa yang hanya dibutuhkan saja maka resourcenyapun tidak terlalu tinggi sehingga akan lebih efisien dengan demikian laptop tidak mudah cepat panas.

4. Rajin dibawa Ke tukang Service untuk membersihkan saluran sirkulasi udara.

Ada baiknya anda harus rutin membersihkan komponen yang ada di dalam laptop termasuk dalam bagian lubang saluran udara sehingga sirkulasi udara tidak tersumbat ataupun terganggu, anda bisa membawa ke tukang servide laptop dengan membuka cassing laptop dan mengakses pada bagian cooling pad.

Jika anda tidak memiliki uang yang bisa dibersihkan sendiri bagian yang memang digunakan untuk keluarnya debu dan masuknya debu ke laptop dengan menggunakan mini vacum cleaner.

Dan itulah beberapa hal terkait cara agar laptop tidak mudah panas tanpa harus menggunakan software. Namun, agar masalah dapat diketahui dengan baik, yang harus kita lakukan dengan optimal adalah dengan menggunakan sebuah software agar laptop tidak cepat panas. Adapun beberapa software yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

Software Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Ada beberapa software yang mampun untuk memberikan kestabilan suhu pada laptop agar tidak naik secara drastis, sehingga akan membuat beberapa komponen yang ada di dalam laptop sendiri menyesuaikan dengan keadaan sekitar. Dan apa saja software yang memiliki kemampuan untuk menstabilkan suhu atau memonitor suhu laptop?

Nah, berikut beberapa nama software yang dapat kami rekomendasikan kepada anda untuk anda dipelajari.

1. Speed Fan laptop

Speed Fan Laptop merupakan salah satu software gratis yang direkomendasikan untuk menstabilkan suhu pada hardware laptop agar terjaga suhunya. Software speedfan ini berjalan pada Operasi sistem Windows dan memberikan sensor digital yang memberikan rincian kinerja komputer sehingga kita dapat mengetahui perangkat mana saja yang memang suhunya sedang tinggi. Dengan ukuran aplikasi yang ringan dan kecil untuk digunakan.

Selain itu software ini menjaga dari kestabilan suhu laptop yang membuat pengguna laptop tertarik untuk menggunakan Speed fan laptop ini karena dapat dikostumisasikan denga fitur dalam pengelolaan beban berat yang dapat dianalisa dengan cara monitoringnya.

Download Speedfan Laptop

Jika anda berminat menggunakan speedfan laptop ini silahkan anda download di sini

2. HW Monitor

Salah satu software yang diguakan untuk monitoring suhu pada sistem komponen yang tidak jauh berbeda dengan Speed fan adalah HW Monitor. HW monitorpun juga memiliki rincian laporan yang sangat detail terlebih yang berkaitan dengan hardware seperti CPU, Harddisk, dan beberapa komponen motherboard lainnya.

Namun, keunggulan yang ada di HW monitor sendiri terletak paa bagian sensornya yang ada di sistem komputer pada laptop dengan memantau Suhu GPU dan perangkat keras lainnya sehingga suhunya dapat stabil jika kita memang menggunakan cara agar laptop tidak cepat panas seperti diatas.

Download HW Monitor  Laptop

Jika anda berminat menggunakanhw monitor leptop ini silahkan anda download di sini

3. Cool Sense

Cool sense ini adalah salah satu software yang tak kalih menarik dengan aplikasi software perangkat laptop lainnya yang memang dapat memberikan efek dingin pada kstabilan laptop.

Selain itu pada software inilah aplikasi dapat meredam penyebab panasnya pada perangkat laptop yang terbilang menyesuaikan dengan keadaan sekitar, apalagi anda berada di daerah dataran tinggi dengan cuaca dingin sehingga laptop pun tidak terlalu panas untuk digunakan.

Download Cool Sense Laptop

Jika anda berminat menggunakan cool sense laptop ini silahkan anda download di sini

Software Pendingin Laptop Terbaik di Dunia

Itulah beberapa software pendingin laptop terbaik di Dunia yang digunakan untuk mengatasi laptop yang cepat panas sehingga berdampak overheat dan laptop menjadi mati karena panasnya laptop pada sisi komponen.

Semoga dengan informasi ini dapat membantu anda dalam mengatasi laptop yang mati karena overheat dan tidak mengulangi kembali ketika anda membeli laptop yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

close