Cara Cek Profil PNS di Aplikasi My SAPK BKN

Topik.my.id– Meskipun ane belum menjadi aparatur sipil negara, ane bisa cek profil pns istri yang notabene sangat jarang sekali online atau mencari tahu status data pns apakah sudah berubah ketika telah mengajukan data ke Badan Kepegawaian Daerah. Karena untuk merubah data yang ada di Website resmi BKN perlu adanya SKP, SK terakhir ataupun dokument lainnya. Apalagi kalau mau mengajukan kenaikan jabatan harus adanya beberapa persyaratan yang dibuat dan diajukan ke masing-masing BKD tempat anda bekerja.

Banyak pertanyaan memang terkait dengan masalah yang terjadi di masing-masing daerah khususnya bagi beberapa wilayah seperti di Papua. Apalagi ketika adanya kebijakan baru untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) yang notabene semua kepengurusan administrasinya dilakukan di Provinsi sehingga banyak guru yang memang untuk kepengurusan ini dititipkan ke provinsi karena memang permasalahan jarak yang jauh dan dana yang banyak untuk datang ke provinsi.

Contohnya istri ane yang saat ini mengajar di kabupaten Raja Ampat, yang mana kepengurusan SMA dilakukan ke Provinsi yang ada di Manokwari. Sampai sekarang masih berstatus CPNS padahal sudah dapat SK PNS dengan tanggal terbit tahun 2016 dan aktif mengajar di SMA Raja Ampat pada tahun 2015.

Tunjangan profesi kemarin masih dapat dana CPNS sekitar 80% dari Gaji. Padahal pada bulan Mei tahun 2019 yang lalu gaji sudah berubah karena kepengurusan pindah PNSnya dititipkan seorang teman yang akan mengurus ke Provinsi. Memang ribet akan tetapi saat dicek di aplikasi profil PNS BKN status belum berubah. Seharusnya aplikasi profil BKN ini memudahkan atau memberikan kemudahan dengan cara upload file SK ataupun cara lain untuk memudahkan. Sehingga jarak ruang dan waktu tak terbatas dan tidak ada hambatan lagi karena sekarang sudah ada media Internet. Dan satu hal lagi dengan adanya internet, segala sesuatu umumnya dapat dilakukan dengan email, atau mengirimkan file dokument tanpa perlu lagi jauh-jauh ke suatu tempat.

BKN Profil PNS 2020

Memang betul sebuah internet akan memudahkan penggunanya akan tetapi harus ada batasan-batasan yang wajar dan seyogyanya harus disepakati bersama, BKN profil PNS memang perlu pembaharuan kembali. Karena data yang diambil tersebut boleh jadi kurang valid dengan yang saat ini terjadi. BKN harusnya mengetahui permasalahan di daerah. Namun, mereka melimpahkannya ke BKD tempat bekerja dan kepengurusan harus dilakukan ke BKD terlebih dahulu. Nah, kalau BKDnya jauh dengan ongkos menuju ke BKD saja sampai jutaan rupiah belum menginap di daerah tersebut, belum biaya makan dan ojek untuk transportasi dan lain sebagainya. Nah, untuk itu perlu dibuat kemudahan-kemudahan dengan adanya jaringan internet yang sudah tersebar di seluruh Indonesia .

Untuk Cek Profil PNS sendiri ada dua versi yaitu dengan menggunakan website atau pc komputer ataupun dengan menggunakan aplikasi yang diunduh dari google playstore. Karena pengunjung topik.my.id kebanyakan dari pengguna smartphone akan lebih baik dilakukan dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama My SAPK BKN.

Cek Profil PNS Onlie Lewat Aplikasi My SAPK BKN.

Salah satu aplikasi yang dibuat BKN untuk memudahkan para pengguna dari smartphone adalah dengan membuat aplikasi MY SAPK BKN yang notabene sudah tersedia di google playstore. Nah, tutorialnya biasa anda lihat pada gambar berikut ini:

1. Cari Keyword ” MY SAPK BKN”.

Cari Aplikasi My SAPK BKN

Anda mencari aplikasi ini di kolom pencarian google playstore dengan keyword “MY SAPK BKN”. Apabila keyword sudah ketemu makan akan tampil pada laman nomer pertama di mesin pencari google playstore.

2. Unduh dengan Cara Install Aplikasi “My SAPK BKN”.

Unduh Aplikasi My SAPK BKN

Silahkan anda mengunduh dengan cara menginstal aplikasi tersebut di smartphone kamu yang mana hanya membutuhkan 9,5 MB untuk ruang penyimpanan yang telah diulas lebih dari seribu orang.

3. Bukalah Aplikasi “My SAPK BKN”

Silahjkan anda membuka aplikasi “My SAPK BKN” dan anda akan diarhkan ke menu home atau tampilan pertama setelah anda membuka

4. Homepage Aplikasi “My SAPK BKN”

Aplikasi My SAPK BKN

Anda akan diberi ucqapan selamat datang di aplikasi Mobile My SAPK dari Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia seperti gambar diatas dan silahkan anda tekan tombol signnya.

5. Login Aplikasi “My SAPK BKN”

login Aplikasi My SAPK BKN

Selanjutnya anda harus login menggunakan username yang diisi dengan nip CPNS atau PNS atau anda sudah mendapatkan NIP baru anda untuk login dengan password NIK yang telah anda miliki pada kartu KTP.

6. Menu Profil PNS Pada Aplikasi “My SAPK BKN”

Menu Profil PNS

Setelah anda login maka akan diarahkan ke menu aplikasi “My SAPK BKN”, dan selanjutnya anda menekan menu profil PNS.

7. Tekan Menu Data PNS

Menu Data Profil PNS

Pada menu profil pns maka akan diarhakan pada beberapa macam menu yang berkaitan dengan profil PNS seperti data lengkap. Golongan pangkat saat ini, Jabatan pada instansi anda saat ini, Posisi Anda, Riyat Pendidikan, Pribadi, dan keluarga. Dan anda lihat data profil anda silahkan anda tekan menu tersebut.

8. Data Utama Profil PNS

Status Profil PNS

Data profil PNS anda akan terlihat semua mulai dari NIP barau ataupun lama, gelar depan, gelar belakang, tempat tanggal lahir, kedudukan pns saat ini status pegawai, tmt CPNS dan nomer SK CPNS.

Nah, iyakan belum berubah data yang saya maksud, sampai saat ini masih CPNS belum ada riwayat TMT PNS.

Nah, bagi anda yang ingin cek profil PNS apakah golongan PNS sudah naik atau masih belum berubah bisa anda cek pada cek profil PNS dengan aplikasi “My SAPK BKN”

UNIT IKLAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

close