Cara Mengatasi laptop Lemot 100% Jalan

Topik.My.ID – Siapa dulu yang pernah mengalami laptop lemot? pasti bagi sobat yang masih menggunakan laptop 2008 seperti saya pasti mengalami masalah laptop yang lemot terutama laptop pada saat itu menjadi salah satu unsur utama dalam aktivitas perkuliahan. Apalagi jika sudah kena virus trojan atau virus lainya yang membuat laptop kita terasa lemot.

cara mengatasi laptop

Sebab Laptop Lemot

Ada banyak permasalahan yang terjadi ketika leptop lemot, karena barang elektronik ini akan menimbulkan banyak permasalah, apalagi jika tidak dipakai secara teratur ataupun tidak merawatnya dengan baik sehingga perlu ketelatenan untuk dapat mengetahui penyebab mengapa laptop tersebut ngelag.

  • – Laptop yang tak pernah dibersikan biasanya didalamnya akan berdebu sehingga bisa saja karena banyak debu di dalamnya.
  • – Tidak merawat hardisk dengan baik, jikalau sudah tanda merah silahkan untuk dipindahkan ke hardisk eksternal jika kepenuhan maka akan kena bad sector.
  • – Sistem operasi windows bajakan yang terupdate dengan sendiri dan perlunya aktivasi dan kedaluarsa ini harus diperbaharui.
  • – Anda terlalu menginstal aplikasi program komputer yang tidak penting sehingga local disk C menjadi penuh.
  • – Adanya kerusakan hadware yang ada dalam laptop sendiri.
  • – Masalah RAM yang sangat kecil.

Nah, untuk itu anda perlu mentasai masalah dan penyebab laptop lemot diatas menggunakan berbagai macam cara yang saya rangkum seperti dibawah ini untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Supaya nantinya laptop anda dapat berjalan normal.

Lemot bukan menjadi masalah yang serius, akan tetapi menghadapinya harus membutuhkan kesabaran yang lebih sehingga kita perlu juga melakukan perawatan secara berkala, apalagi anda yang sering di depan layar komputer memang harus secara rutin membenahi beberapa sparepart yang secara tak sadar akan membangun kecepatan sebuah laptop.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Nah, cara saya dalam mengatasi lemo, agar anda dapat lakukan adalah sebagai berikut.

1. Menambah RAM

Langkah pertama agar laptop saya cepat adalah dengan menambah kapasitas RAM, laptop saya menggunakan RAM 2GB, namun seacara tertulis dibeberapa review bahwa laptop saya maksimal memiliki 2 slot dan dapat digunakan sampai dengan RAM 8GB.
Saya mengumpulkan uang terlebih dahulu untuk membeli RAM 4GB, karena jika langsung saya beli RAM sebesar 8GB satu buah terasa sangat mahal dan menguras kantoong. Meningkatkan kapasitas ram sedikit demi sedikit dengan Merk Corsair DDR3 pada sony Vaio Saya.

2. Ganti Hardisk ke SSD Atau FIle di Backup agar tidak ada Merahnya.

Biasanya kapasitas hardisk yang kita miliki sering ada merah, maka backuplah ke hardisk eksternal. Namun, untuk ganti hardisk ini belum saya lakukan. Karena uangnya belum cukup namun dikemudian hari laptop yang saya gunaka akan mengganti hardisknya ke SSD karena proses sistem akan lebih cepat kalau kita menggunakan Hardisk SSD.

3.Install Windows Setahun Sekali

Saya biasa mengganti windows yang sata miliki setahun sekali karena biasanya performa windows akan menurun akibat update otomatis ataupun proses lainnya yang sangat mengganggu. Namun, jangan keseringan instal windows yah agar tidak mudah rusak hardisknya.

4. Silahkan anda upgrade antivirus dan Scan Kalau ada waktu.

Antivirus akan bekerja dengan performa baik jika anda sering menggupgrade karena virus internet semakin lama akan semakim berkembang dan pembaruan antiviruspun akan terpasang. Ane biasanya cuma menggunakan satu antivirus Avira karena dulu pernah 2 antivirus akan menimbulkan crash pada anti virus tersebut. Jangan Lupa anda scan setiap hari ya!

  • Nah, apabila antivirus tidak berjalan dengan baik atau tidak premium jangan sampai anda mendwonload file yang ada di semabarang tempat dari Internet karena boleh jadi penyebaran virus tersebut dapat melalui
  • Jangan mecolokkan flash disk sembarangan karena boleh jadi flashdisk tersebut terjangkit virus pada laptop, pastikan anda menscan terlebih dahulu pada flashdisk tersebut. Sehingga virus dapat terdeteksi jika flashdisk terjangkit.

5. Uninstal Software

Bagi software yang tidak banyak digunakan atau kurang dapat berfungsi silahkan anda uninstall karena dapat mempengaruhi kinerja laptop, apalagi anda sering sering menginstall game ataupun software yang tidak digunakan karena akan menambah ruang local disk C jika anda menginstall windowsnya di C.

6. Jangan Buka Program Banyak dalam Satu Waktu

Hampir semua laptop akan merasa lemot jika kita membuka program aplikasi komputer yang banyak, anda sedang editing video menggunakan sony las vegas atau adobe premier. Namun, juga membuka microsoft word, photoshop, corel draw dan lainnya hal itu akan memberatkan prosessor dan RAM untuk lebih banyak bekerja ekstra apalagi prosessor anda sangat rendah dan sudah upgrade ke RAM 8GB, akan tetapi tetap saja laptop kita akan bersamalah sehingga kita harus tentu membuka program aplikasi komputer sewajarnya juga

7. Banyak program startup yang berjalan

Banyaknya aplikasi yang berjalan ketika loading pertama atau berjalan di startup membuat laptop yang anda miliki akan lemot karena banyaknya program yang berjalan pada startup dan otomatis anda harus mengehntikan beberapa program yang berjalan di startup dengan mendownload cc cleaner cari program startup.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi laptop Lemot Tanpa ke Tukang Service Jasa Komputer yang dapat ane lakukan silahkan anda praktekan dari menambah RAM sampai dengan mengganti hardisk ke SSD ya.

UNIT IKLAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

close