Cara Memaksimalkan Penjualan di Shopee Bagi Pemula

Topik.My.id- Banyak orang yang bersaing berjualan di shopee. Salah satu markeplace lokal yang mulai terkenal di tahun 2015 hingga sekarang, karena memang Shoppe di kenal sebagai salah satu marketplace yang dikenal dengan gratis ongkirnya.

Brand Marketplace gratis ongkir inipun membuat banyak seller hingga ratusan ribu seler, hinga mereka berkompetitor dengan menjual produk hingga banting harga, alias jual murah. Karena mereka memiliki pandangan dengan menjual barang harga murah tanpa mendapatkan untung toko mereka dapat dikenal dan menjadi salah satu toko seller shopee.

Persaingan harga yang tidak sehat banyak ditemuka di toko-toko shopee dengan margin yang kecil, dan hal itu banyak merugikan bagi pemodal kecil seperti kami-kami ini. Saya sebagai salah satu penjual dropship toko online shopee memang sudah sejak awal meninggalkan dunia penjualan. Bagi saya berjualan memang enak diawal dan pahit diakhir karena memang saat marketplace belum seperti sekarang ini pada tahun 2011, keuntungan penjualan hingga ratusan ribu. Namun, setelah adanya markeplace shopee banyak sekali saingan hingga tidak updatelah ilmu berjualan apalagi mereka yang menggunakan fb ads untuk berjualan.

Bagaimana Memaksimalkan Penjualan di Shopee Bagi Pemula?

Ini bukan ranah saya untuk menyebutkan bahwa meningkatkan penjualan di shopee itu mudah, tapi bagi yang belajar ilmu marketing memang mudah kalau tahu kuncinya. Banyak cara bagaimana memaksimalkan penjualan di shopee salah satunya dengan mengoptimasi toko anda.

Saya sampai saat ini belum mengaplikasikan apa yang telah saya pelajari dari mas wiliyan tanoyo salah satu suhu yang menerbitkan buku juragan marketplace pada acara mengoptimalkan marketpalce yang diselenggarakan oleh Yoshugi Media. Saya malah takut dulu kalau nantinya banyak orang yang mau beli produk saya, apalagi saya hanyalah seorang dropshiper yang memang tidak memiliki stock banyak dan saya juga masih takut untuk optimasi iklannya juga.

Kenapa takut? Karena memang saya belum konsisten untuk berjualan saja sih. Saya sering keluar pulau jawa di tempat yang belum ada sinyal internet alias 3T. Jadinya belum sempet bener menguasai jurus-jurus iklan yang banyak beredar di seminar. Walaupun mungkin saya masih berpendapatan kecil seperti layaknya karyawan alias UMR tapi saya tetep bahagia.

Pertama, Pilih Judul Toko sesuai dengan Produk yang akan dijual

Gunakanlah Kata Kunci yang sesuai dengan produk anda, sehingga toko produk anda akan mudah ditemukan di kolom pencarian khususnya di pencarian shopee maupun pencarian google search.

Kedua, Gunakan Judul Produk yang mengulang kata kunci dengan benar dengan contoh sebagai berikut ini:
contoh: Alat cukur potong rambut pangkas rambut elektrik hair clipper WAHL (benar)

Itulah contoh nembak keyword yang benar, berbeda dengan cara nembak keyword seperti ini:

Contohnya alat cukur elektrik| alat cukur rambut| Alat cukur Wahl. (salah)

Tidak disarankan untuk nembak keyword menggunakan beberapa tanda-tanda seperti ini: ?><-|\=+ dll

Judul diatas adalah contoh judul yang benar dengan menggunakan sebuah konsep membuat judul dengan tambahan sinonim dan kata kunci turunannya dijadikan menjadi satu. Hal ini menjadi salah satu cara untuk menembak keyword sehingga maksimal dengan meriste kata kunci terlebih dahulu di mesin pencari shopee.

Anda bisa membuat judul dengan meriset kata kunci itu sendiri, apakah pencarian tersebut adalah kata kunci yang tinggi. Meskipun kata kuncinya typo sekalipun anda bisa menggunakan kata kunci tersebut, Anda harus memprioritaskan kata kunci dengan kata pencarian yang tinggi dan relevan dengan produk anda saat ini.

Ketiga, Adalah Gunakan Gambar yang bagus yang dapat mencuri hati si pembeli kalau bisa dipenuhi atau dilengkapi serta video lengkapnya.

Anda harus memfoto produk asli yang dapat menarik para calon pembeli dengan menggunakan mini photo studio atau produk foto anda diberikan bonus-bonus menarik sehingga meskipun dijual dengan harga tinggi. Calon pembelipun ingin membeli produk anda.

Keempat, Silahkan anda lengkapi deskripsi Produk selengkapnya. Untuk Shoppe sendiri memberikan konten sebanyak 100 karakter dan hal itu berbeda dengan deskripsi di marketplace lainnya.

Kelima, Usahakan anda menghias toko anda dengan Baik

Silahkan anda memberikan penawaran yang terbaik dengan gratis buble wrap, Promo Toko, Promo Shome dan beberapa hiasan lainnya yang memang toko anda menarik untuk dikunjungi. Kalau bisa anda menggunakan beberapa testimony customer atau testimoni pelanggan yang beli di toko anda supaya terpercaya

Keenam, Setting Ekspedisi COD
Salah satu itur baru Shopee adalah fitu COD bayarditempat atau seorang pembeli dapat membayar produk yang telah dibeli dengan cara bayar ditempat alias COD

Ketujuh, Silahkan anda setting Autoreply
Bila toko anda ingin aktif seller silahkan anda menggunakan pengaturan autoreply atau jawab otomatis, pertanyaan yang sering ditanyakan selalu oleh konsumen dapat dijawab langsung oleh mesing shopee dengan otomatis dengan menggunakan setting autoreply dialamat: seller.shopee.co.id/portal/setting/service.

Kedelapan silahkan anda koreksi dari awal sampai akhir

Isi semua foto produk yang berjumlah 8, Foto utama silahkan anda rias sebagus mungkin kalau bisa dibingkai ya gaes. 2 Foto terakhir bisa anda isi dengan testimony dari pembeli

Silahkan isi deskripsinya penuh sebanyak 100 karakter supaya skor kualitas produknya bagus di mata shopee, sehingga berpengaruh pada biaya iklan dan posisi iklan jika anda mengiklannya.

Kesembilan, Silahkan anda promo dengan menggunakan promo iklanku yang mana promo iklan tersebut tergantung dengan
– Skor relevansi produk
– Skor Kualitas
– Biaya Bidding iklan
– Kompetisi ikal

Nah, itulah 9 yang dibahas oleh master seller shopee mas weliyan tanoyo sebagai salah satu penulis dari buku juragan marketplace. Semoga dengan sedikit sharing ini dapat menambah keilmuawan anda dan dapat memberikan amal jariyah kepada mas Weliyan tanoyo Amin….

UNIT IKLAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

close