Cara Daftar Kartu Pra Kerja Dengan Smartphone

Topik.My.ID -saya sudah menganggur sejak lulus dari kampus  tahun 2016, jadi sudah  4 tahun saya menganggur. Sehingga sudah barang tentu saya tidak memiliki pekerjaan seperti yang dikerjakan banyak orang pada umumnya, apalagi saat ini pemerintah merilis program baru yang berkenaan dengan program kartu pra kerja yang notabene diperuntukkan bagi setiap orang yang tidak memiliki pekerjaan. Mereka akan dibekali pelatihan panduan online berbayar jika sudah mendapatkan kartu pra kerja seperti yang diprogramkan pemerintah. Selanjutnya kita cari tahu bagaimana cara daftar kartu pra kerja yang mana banyak diantara kita memang saat ini tidak memiliki pekerjaan atau sedang kehilangan pekerjaan karena wabah corona.

Karena tidak semua orang memiliki laptop dan semua orang pegang ponsel smartphone, kita akan sedikit review terkait dengan porgram kartu pra kerja dari pemerintah dalam bentuk video ataupun gambar slide dalam melakukan pendaftaran pra kerja. Yuk, kita ulas sedikit pendaftaran kartu pra kerja ini.

Pendaftaran Pra Kerja

Pembukaan pendaftaran pra kerja dibuka selama tiga hari mulai dari tanggal 20 s/d 23 bulan april ini diportal resmi www.prakerja.go.id Pendaftaran Prakerjapun akan dibuka setiap minggunya sampai dengan bulan november 2020 yang setiap minggu hanya diberikan kuota sebanyak 200 ribu peserta.

Peserta akan diberikan insentif berupa uang digital yang digunakan untuk mendapatkan pelatihan secara online melalui portal resmi yang ada di www.prakerja.go.id Sehingga pendaftaran ini sebagai salah satu cara pemerintah untuk mengentaskan mereka dari PHK yang notabene memang sebagai salah satu bentuk program pemerintah saat ini.

Bagi yang mendapatkan Program Kartu Prakerja tersebut bisa dilakukan dengan manfaat dan keuntungan sebesar Rp 3,55 juta, yang mana uang tersebut digunakan untuk biaya pelatihan digital sebesar Rp 1 juta yang nantinya mereka dapat membeli pelatihan dari mitra platfrom digital yang telah disediakan. Tertarik dengan porgram kartu Pra Kerja ini yuk daftar di situs prakerja.go.id

Tutorial Online Daftar Kartu Pra Kerja Dengan Smartphone

Kami juga menyampaikan pendaftaran pra kerja ini secara online yang dapat anda lihat di video youtube seperti dibawah ini:

 

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Dengan Ponsel Smartphone

Nah, silahkan simak cara daftar program kartu prakerja.

Bagi yang tidak memiliki laptop bisa menggunakan smartphone yang anda miliki dengan akses ke situs prakerja.go.id, Usahakan anda sudah memiliki paket data internet untuk dapat akses ke portal tersebut.

Daftar Prakerja

Kemudian setelah anda masuk ke portal tersebut silahkan anda memasukkan alamat email yang aktiv dan password serta menyiapkan nomer ponsel. Guna email adalah  untuk aktivasi akun selanjutnya dengan  email yang dimiliki.

login pra kerja

Setelah kita login maka selanjutnya yang kita lakukan adalah dengan konfirmasikan verifikasinya di email dengan cara membuka email yang telah dikirimkan link verifikasinya

verifikasi email

 

Kemudian setelah anda login akun yang telah dibuat anda harus melakukan pendaftaran pra kerja dan mengisi formulir pendaftaran. Ada 3 tahapan yaitu melakukan pengisian verifikasi KTP, data diri dan Nomer HP, Kita akan memasukkan yang pertama yaitu nomer KTP dan tanggal lahir yang kita miliki

verifikasi KTP

Setelah itu kita mengisi semua formulir yang telah dipersipakan oleh pra kerja seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam formulir tersebut terdapat nama, alamat asli dan pemilihan provinsi, kota kabupaten dan kecamatan dan selanjutnya memilih jenis kelamin, pendidikan terakhir dan pelatihan yang akan diikuti nantinya. Dan untuk lainnya yaitu foto KTP beserta foto swafoto atau foto selfie.

data diri

 

Selanjutnya anda harus mengisi nomer hp yang anda miliki yang selanjutnya akan dikirimkan token melalui SMS. Nah, silahkan anda isikan nomer hp anda saat ini

nomer hp

kemudian anda harus melakukan pernyataan bagi pelamar dan selanjutnya para pelamar harus melakukan tes kemampuan dasar atau tes yang harus dilakukan untuk uji kemampuan yang bertujuan untuk menyeleksi siapa saja yang berhak mendapatkan kartu prakerja tersebut. Test tersebut terdiri dari tes minat, tes hitungan angka dan pernyataan atau jati diri anda.

pernyataan pendaftar

tes pra kerja

Bagi yang lolos mereka akan dihubungi panitia atau diberikan notifikasi kelulusan di dashboard akun yang telah anda daftarkan dan kemudian anda dapat memilih pelatihan setelahnya.

Bagi yang tidak lolos dari uji tes kemampuan dasar dapat mendafarkan program kartu pra kerja ini pada gelombang selanjutnya.

Bagi yang lolos mereka akan mendapatkan dana melalui rekening bank ataupun ewallet yang tersedia seperti Link Aja, Ovo, Go pay setelah mereka menuntaskan pelatihan pertama atau pasca pelatihan sebesar Rp. 2,4 juta yang terdiri dari Rp. 600 ribua perbulan.

Nah, apakah anda tertarik untuk mengikuti program pra kerja dari pemerintah ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

close